RSS

Mengurus Pajak Sepeda Motor? Siapa Takut? Berikut Caranya.

19 Jun

FyucH..!!

Tidak terasa, sudah setahun saya membeli sepeda motor, walaupun masih kredit, tetapi masih lebih baik jika harus menunggu untuk mengumpulkan uang dan membeli sepeda motor baru.

Banyak hal dan pengalaman yang tidak bisa tergantikan jika saya belum membeli sepeda motor ini. Karena setelah saya membeli sepeda motor, kuda besi ini telah banyak membantu saya mulai dari membantu saya untuk pergi kemanapun saya pergi, mengantar saya ke klien service komputer (maklum, untuk menutupi biaya hidup, ya harus punya job-side perbaiki komputer :D), jalan-jalan dengan teman-teman, keluarga, dan juga gebetan (hehehehe :D).

Karena sepeda motor ini telah banyak membantu, toh saya juga harus memenuhi kebutuhannya si sepeda motor. Apa-apa saja kebutuhannya?

Ada beberapa kebutuhan si sepeda motor yang harus saya penuhi, mulai harian, bulanan, dan tahunan,

  1. Kebutuhan Harian, yakni kebutuhan fisik sepeda motor, yaitu kebutuhan tenaga si sepeda motor ya apa lagi kalu bukan bahan bakar (bensin kali ye..)
  2. Kebutuhan Bulanan, ini yang agak berat, berhubung sepeda motor masih kredit, jadi kebutuhan bulanan ada 3, yakni: angsuran cicilan dan Oli (pelumas) mesin dan juga service. Tetapi untuk service, biasanya saya men-service 3 bulan sekali.
  3. Kebutuhan Tahunan, yaitu pajak, berhubung saya warga negara yang taat pajak,(walah.! sok taat pajak..! hehe.. :D) jadi saya harus membayar pajak sepeda motor ini tiap setahun sekali.

Walah..! ceritanya kepanjangan mas, kapan kasih tau cara urus pajaknya?

Hehehe.. :D jadi malu, okelah, mari kita mulai cari tahu bagaimana cara mengurus pajak sepeda motor.

Let’s go..!

Jadi, cara untuk mengurus pajak sepeda motor ada 2 cara:

  1. Melalui kantor SAMSAT
  2. SAMSAT Corner (di kota medan ada fasilitas yang diberikan kantor SAMSAT)

Kali ini saya akan menceritakan untuk poin 2 diatas, beberapa langkah yang harus kita lakukan:

  1. Persiapkan BPKB/ Buku hitam, jika sepeda motor kita masih kredit, kita bisa minta foto copy BPKB dari showroom atau dealer tempat kita kredit sepeda motor kita, saya kemarin minta surat itu dikenakan biaya Rp. 5.000,-
  2. Bawa KTP, STNK dan Surat Ketetapan Pajak yang asli, karena nanti akan diminta saat pengurusan.
  3. Bawa uang kira-kira lebih besar dari jumlah tagiahan pajak kita, biasanya jumlah tagihan pajak yang harus kita bayar bisa kita lihat di Surat Ketetapan Pajak.
  4. Pergi ke kantor SAMSAT Corner (wilayah kota Medan ada di SUN Plaza Lt. G).
  5. Masuk ke kantor SAMSAT Corner dan ambil nomor antrian.
  6. Nanti nomor antrian kita akan keluar, dan kita bisa mengurus pajak.
  7. Serahkan KTP, STNK dan Surat Ketetapan Pajak yang asli, lalu petugas akan menginput data kita.
  8. Setelah di input mereka, kemudian nama kita akan di panggil dan diberitahu besaran tagihan pajak + RPJK (belum tahu singkatan dari apa ini), biasanya cuma Rp. 5000,-
  9. Bayar tagihan dan pembayaran pajak pun selesai.

Mungkin ini yang bisa saya share, untuk mengurus ke kantor SAMSAT nya langsung, saya belum punya pengalaman, jadi gak mungkin saya ceritakan disini. Tapi saat saya tanya kepada teman2 yang pernah ngurus langsung ke kantor SAMSAT nya langsung, cara nya tidak jauh berbeda kok.

 

4 responses to “Mengurus Pajak Sepeda Motor? Siapa Takut? Berikut Caranya.

  1. Muqaffa

    13 March, 2010 at 11:49

    mau tanya gimana kalo yg mau dibayar pajaknya tu sepeda motornya instansi? syarat2nya apa aja?

     
  2. Iwan

    23 March, 2010 at 20:00

    Bagaimana cara mengurus oper nama bpkb sepeda motor?tlg balas ke emailku ya.

     
  3. oktavianus

    19 April, 2010 at 09:10

    gimana cara membayar pajak sepeda motor kita yang kita beli seken bpkbnya kn bukan atas nama kita.tapi fotocopi KTP tangn pertama ada.
    tolng di bls ke emailku ya.

     
  4. karbondet

    12 November, 2011 at 18:50

    thank’s atas infonya gan, berguna buanget bagi gw yang biginner dalam hal pajak spedmor. sucsess salalu!!!!

     

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

